Bisnis

Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Alat Yang di Pakai

×

Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Alat Yang di Pakai

Share this article
Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Alat Yang di Pakai

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan proses pemasaran dengan mengintegrasikan banyak alat dalam menyampaikan pesan tentang produk kepada konsumen secara konsisten. Tujuannya untuk memperkuat brand produk Anda di pasar dan memberikan dampak bagi konsumen. 

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Selain penggunaan alat, dibutuhkan juga sumber daya perusahaan yang memadai guna memaksimalkan efeknya bagi pemikiran konsumen tentang brand dan produk Anda. Hasil dari kegiatan ini memberikan meningkatkan penjualan, menambah pemasukan bagi perusahaan dengan biaya minimum. Terdapat 3 alat  yang digunakan dalam komunikasi pemasaran terpadu yaitu: 

Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Alat Yang di Pakai

  • Periklanan

Periklanan merupakan semua kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa. Banyak sekali media dapat digunakan untuk promosi seperti surat kabar, radio, website, televisi, media sosial serta billboard. Promosi bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar. 

Keuntungan melakukan iklan ialah untuk menjangkau konsumen. Lebih banyak iklan dipasang di berbagai lokasi, maka lebih besar peluang produk terjual. Sebab, adanya iklan membuat konsumen percaya bahwa brand dan produk tersebut menawarkan nilai yang bagus dari segi harga maupun kualitas. 

  • Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung juga salah satu alat komunikasi pemasaran terpadu yang melibatkan penggunaan email, internet, telepon dan surat. Jadi, penjual berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan dalam menawarkan produk dan berinteraksi lebih dalam tanpa bantuan orang ketiga. 

Melakukan pendekatan secara langsung sangat penting terutama di era digital ini. Semakin meningkatnya kegiatan belanja online, konsumen sulit bertemu penjual secara tatap muka. Tetap jalin interaksi melalui website, internet, email dan media sosial agar konsumen bersedia terus menerus menggunakan produk. 

  • Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial selain secara langsung juga bisa dilakukan secara tidak langsung. Sesuai dengan namanya, maka memasarkan produk digunakan via media sosial. Sekarang ini untuk perusahaan besar yang sudah memiliki banyak konsumen, biasanya memiliki admin khusus media sosial untuk melayani pelanggan.

Berikan tanggapan cepat, sikap ramah dan rasa nyaman kepada konsumen agar senantiasa menetap di bisnis Anda. Produksi konten menarik melalui feed, story maupun fitur Reel di media sosial. Selain dalam bentuk foto, pemasaran menggunakan video juga sangat menarik perhatian konsumen. 

itulah 3 alat bisa Anda gunakan dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Memudahkan bagi perusahaan mendapatkan tujuan dan target pemasaran yang ingin dicapai. 

Sumber: Bisnisman.id