Tips

4 Daerah Penghasil Batu Marmer di Indonesia 

×

4 Daerah Penghasil Batu Marmer di Indonesia 

Share this article
4 Daerah Penghasil Batu Marmer di Indonesia 

Indonesia mempunyai beberapa daerah penghasil batu marmer yang sangat terkenal sampai ke mancanegara. Batu marmer sendiri merupakan salah satu jenis batuan di bumi dimana seringkali dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan konstruksi bangunan dan keperluan lainnya. 

Daerah Penghasil Batu Marmer di Indonesia

Secara umum, batuan di bumi ini terbagi menjadi tiga jenis yakni batuan beku, metamorf dan sedimen. Batu marmer termasuk ke dalam jenis metamorf atau malihan karena proses terbentuknya terjadi akibat metamorphosis. Di Indonesia sendiri, dikenal beberapa daerah penghasilnya seperti berikut ini

4 Daerah Penghasil Batu Marmer di Indonesia 

1. Tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu daerah penghasil marmer terbesar yang ada di Indonesia. Tambang marmer di Tulungagung bahkan telah dipercaya sudah ada semenjak masa kolonial Belanda. Aktivitas penambangan ini umumnya dilakukan di Bukit Besole Kecamatan Besuki Tulungagung. 

Tidak heran jika Tulungagung juga banyak dijumpai mengenai Jasa Poles Marmer. Di Desa Besuki sendiri juga berdiri sebuah perusahaan tambang, PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung. Marmer di sini dikenal memiliki kualitas baik sehingga cocok digunakan untuk konstruksi bangunan. 

2. Magelang

Kabupaten Magelang juga terdaftar sebagai salah satu daerah penghasil marmer yang cukup tinggi di Indonesia. Lokasi pertambangan utamanya berada di Kecamatan Salaman, Kab Magelang Jawa Tengah. Marmer dari daerah ini tergolong unik dan langka karena muncul dari bawah tanah. 

Selain itu juga memiliki serat berwarna merah sehingga menjadi ciri khasnya tersendiri apabila dibandingkan dengan marmer dari daerah lain. Bahkan beberapa diantaranya dijadikan tempat wisata oleh warga setempat seperti Desa Wisata Ngargoretno. 

3. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat juga menjadi salah satu daerah penghasil marmer cukup besar di Indonesia. Tambang marmer di Sumatera Barat pun tersebar di beberapa kota dan kabupaten di Tanah Minangkabau sehingga angka produksinya juga selalu berjalan. 

Tambang marmer pertama yang dijumpai di Sumatera Barat adalah di Sitanang dan Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Selain itu, juga sudah ditemukan di Kabupaten Agam dan Sawahlunto. 

4. Sulawesi Selatan

Sama halnya seperti Sumatera Barat, beberapa daerah di Sulawesi Selatan juga termasuk ke dalam daftar penghasil marmer di Indonesia. Tambang marmer tersebar di Barru, Marros, Pangkep, Bone sampai Enrekang. 

Namun demikian, perusahaan marmer yang berdiri di daerah tersebut memang tidak bisa bertahan lama. Salah satu penyebabnya adalah adanya larangan ekspor bahan mentah. Batu marmer asal Sulawesi Selatan sering diproduksi untuk berbagai keperluan salah satunya sebagai bahan dekoratif. 

Itulah tadi 4 daerah penghasil batu marmer yang cukup terkenal di Indonesia dengan angka produksi cukup tinggi. Kualitasnya pun juga dikenal sangat bagus sehingga menjadi produsen marmer tidak hanya secara nasional namun juga memasarkannya ke mancanegara.